Pengabdian Masyarakat – Mahasiswa Prodi Keperawatan STIKes Jabal Ghafur Laksanakan Perawatan Luka

Berita

Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Jabal Ghafur laksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberi promosi kesehatan dan perawatan luka terhadap masyarakat. Jum’at, 29/12/2023.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi dan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk pemberian edukasi serta pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang mengalami luka diabetes melitus di Desa Jadan Kecamatan Mutiara dan Desa Pulo Lueng Tega Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pudie.

Kegiatan ini memiliki rangkaian kegiatan berupa pengkajian ke rumah warga dengan kriteria memiliki luka diabetes grade 1-2 dan dilanjutkan dengan implementasi perawatan luka. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu pada Rabu, 27 Desember 2023 dan Jum’at, 29 Desember 2023 yang di dampingi oleh Dosen perawatan luka Ns. Mukhlis, S.Kep, M.Kep dan Bagian Kemahasiswaan Busyra, S.Kep.

Diawali dengan menjelaskan tujuan kegiatan dan memberikan informed concent, melakukan pengkajian secara holistik, pengkajian luka, persiapan alat dan kemudian melakukan implementasi perawatan luka.

Dengan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat tentang Keperawatan Luka ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya perawatan luka diabetes.

Selain itu, dengan adanya program ini, diharapkan mahasiswa STIKes Jabal Ghafur berikutnya mampu meneruskan pengabdian ini untuk menjangkau lebih banyak masyarakat yang memiliki luka diabetes untuk menunjang kesejahteraan dan kesembuhan pasien di sekitar mahasiswa.