Membina Mahasiswa Baru Melalui Orientasi

Berita

Pengenalan kampus adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh mahasiswa baru di perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, kegiatan akademik, organisasi kemahasiswaan, serta sumber daya dan fasilitas yang tersedia di kampus. Pengenalan kampus yang kita laksanakan dengan nama Orientasi Pendidikan Mahasiwa Baru (Ordikmaru).

Ordikmaru pada umumnya dilakukan pada awal tahun ajaran, sebelum perkuliahan dimulai. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan diadakan oleh pihak kampus di Aula Nurdin Abdurrahman (STIKes Jabal Ghafur) pada tanggal 4 sampai dengan 6 September 2023, yang diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Farmasi Klinis Prodi D-III Keperawatan, dan Prodi D-III Sanitasi.

Ketua Panitia Busyra, S.Kep dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai upaya memberikan pengenalan tentang Kampus STIKes Jabal Ghafut, memberikan pengetahuan, wawasan dan pengenalan sistem belajar pendidikan kepada mahasiswa baru STIKes Jabal Ghafur.

Lanjut ketua panitia, melaporkan peserta yang mengikuti kegiatan Ordikmaru merupakan mahasiswa Prodi S1 Farmasi Klinis, D3 Keperawatan dan D3 Sanitasi dengan jumlah 64 mahasiswa. Jika ada mahasiswa yang tidak mengikuti ordikmaru tahun ini maka dianggap tidak lulus dan wajib ikut ulang pada Tahun Akademik 2024/2025 atau tahun depan.

Ketua STIKes Jabal Ghafur Drs. H. Syamsuddin, M.Kes menyampaikan pengenalan kampus merupakan hal yang penting untuk memberikan pengenalan secara formal mengenai perguruan tinggi tersebut. Pada kesempatan ini, mahasiswa baru akan mendapatkan informasi mengenai visi dan misi kampus, kegiatan akademik, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh kampus.

Dengan kegiatan ini mengharapkan kepada seluruh mahasiswa ordikmaru untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini, karena akan mempelajari kehidupan kampus  yang berbeda dengan masa disekolah dulu, tutupnya.