PULUHAN ALUMNI STIKES JABAL GHAFUR MENJADI RELAWAN PENANGANAN COVID-19 DI WISMA ATLET JAKARTA

Berita

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Jabal Ghafur menjadi relawan penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sejak tahun 2020 sampai sekarang. Di mana lokasi tersebut, sekarang dijadikan Rumah Sakit darurat sekaligus tempat isolasi pasien Virus Corona (Covid-19).

Puluhan Alumni STIKes Jabal Ghafur yang menjadi relawan penanganan Covid-19 ini merupakan alumni Akademi Keperawatan Jabal Ghafur yang sekarang berubah status menjadi Prodi D3 Keperawatan STIKes Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie-Aceh.

Zakia Amna lulusan 2019 menyampaikan, disaat lagi maraknya pandemi yg belum usai ini jelas terlihat begitu banyak pasien yg positif Covid-19 di Jakarta. Pada satu saat saya melihat postingan di media instagram bahwasanya Wisma Atlet sedang membutuhkan relawan Covid 19. Kemudian saya mengajak kawan seangkatan untuk mengikuti seleksi tersebut melalui online dan selang beberspa hari mendapat telefon untuk segera berangkat ke Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Menjadi relawan Covid-19 merupakan suatu pekerjaan yg mulia sekaligus menantang bagi kami, meskipun sering sekali bertugas diruang isolasi akan tetapi kami tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan. Covid-19 terdengar begitu menakutkan dan mudah terinfeksi akan tetapi kami tetap semangat dan selalu mematuhi protokol kesehatan, menjaga imun tubuh tetap stabil dan mengonsumsi vitamin setiap harinya, insyallah kami yakin bahwa niat mulia kami ini akan begitu indah dengan sejalan waktu, tuturnya, saat dihubungi melalui whatshapp, Minggu 10/10/2021.


Muhammad Afdhal dari Wisma Atlet menambahkan, saat mendaftar sebagai relawan penanganan Covid-19 ada satu hambatan yaitu tidak disetujui oleh orang tua, setelah diberi pemahaman akhirnya orang tua memberikan izin.

Saya nekat untuk menjadi seorang relawan karena saya sudah didalami ilmu semasa di bangku perkuliahan dan harus siap mengabdikan diri saya untuk negara kapanpun dan dimanapun saat dibutuhkan. Seperti sekarang ini negara lagi membutuhkan ribuan tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia disinilah kita bangkit dan membantu saudara-saudara kita yang lagi terpapar Covid-19, tutup Afdhal saat di hubungi melalui Whatsapp.

Selain di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta alumni STIKes Jabal Ghafur juga menjadi relawan penanganan Covid-19 di beberapa Rumah Sakit lainnya di Jakarta dan juga diRumah Sakit Royal Prima Medan. Dari beberapa alumni yang menjadi relawan sudah pulang kekampung halaman di karenakan diwilayah penetapanya sudah mulai menurun jumlah penularan Virus Covid-19.